Menonaktifkan CMD (Comand Prompt)

Windows Command Prompt atau biasa disebut DOS Prompt merupakan jendela untuk menjalankan perintah-perintah atau mengeksekusi file dengan cara menuliskan perintahnya dan diakhiri dengan tombol enter yg merupakan standar operasi dari MS-DOS sebelum era Windows.
Untuk bekerja pada DOS Prompt tentunya harus lebih dulu paham dengan perintah-perintah MS-DOS karena kalau tidak paham bisa berakibat fatal. System Windows menjadi kacau atau bahkan tidak dapat Booting sama sekali.
Segitu bahayanya y sobat CMD (Comand Prompt), maka dari itu sobat kalau tidak segitu paham dengan perintah-perintah MS-DOS jangan sesekali mencoba untuk menjalankan CMD. Atau sobat bisa juga dengan menonaktifkan CMD tersebut, ini langkah-langkah untuk menonaktifkan CMD :


1. Buka registry editor, caranya: buka RUN, tuliskan regedit dan ok.
2. Setelah muncul jendela registry editor, masuk pada key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Microsoft\Windows\System.
3.  Bikin DWORD value yang baru dan berikan nama DisableCMD.
4. Lalu modify value datanya yang awalnya 0 menjadi 2.

5. Klik ok.
Penjelasan: Value datanya diberikan nilai 2 karena nilai 2 digunakan untuk mencegah CMD (Comand Prompt) diakses, namun masih dapat menjalankan file format.bat. Nilai 1 digunakan untuk menonaktifkan kedua-duanya mulai dari CMD dan file format.bat. Sedangkan nilai 0 digunakan untuk mempersilahkan CMD dan file format.bat dijalankan.
Finish, sobat baru saja berhasil menonfaktifkan CMD dengan mudah.
NB: laman ini dibuat untuk menambah wawasan, dan tidak ada maksud lain.




0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar yang bersifat membangun.

Menonaktifkan CMD (Comand Prompt)