Apa Itu Turbocharger? Fungsi Turbocharger? Pengertian turbocharger.

Assalammualaikum, admin kali ini akan berbagi sepengetahuan admin tentang turbo charger.

Pernah nggak sob denger suara yang nyaring berfrekuensi tinggi pada kendaraan motor bakar 'nginnnngggg..... cesss' terutama pada kendaraan diesel. Contoh: Bus, truck, atau mesin diesel dengan turbocharger layaknya fortuner VNTurbo, Pajero Sport DAKAR misalnya?, pernahkan?, atau belum tahu?.... Jika dengar bunyi seperti itu, itu merupakan working of turbocharger sob. Hehehe #sokinggris. Itu merupakan suara dari kinerja turbocharger.

Cara Kerja Turbocharger? Fungsi Turbocharger? Pengertian turbocharger.


Nha di atas itu ada serangkaian mesin yang di lengkapi dengan turbo charger.
Komponen mesin berturbocharge/komponen turbocharge:
1. Merupakan Volute Chamber (Rumah Keong) yang di dalamnya terdapat 1 Turbin tipe radial.
2. Merupakan Volute Chamber (Rumah Keong) yang di dalamnya terdapat 1 Compressor tipe radial.
3. Merupakan Intake fluida panas bertekanan dengan entalpi yang masih tinggi.
4. Merupakan Outlet dari turbin yang menuju ke Intercooler.
5. Exhaust pipe 1.
6. Exhaust pipe 2.
7. Exhaust pipe 3.
8. Exhaust pipe 4.
9. Merupakan intake fluida bertekanan dari kompressor ke intercooler.
10. Intercooler.
11. Merupakan Outlet dari Intercooler menuju ke valve intake.
12. Merupakan Outlet dari turbin yaitu exhaust akhir.

Itu diatas sob komponen penting turbocharger, maaf jika nggak urut dan ada yang tidak tersebutkan.

Cara Kerja Turbocharger? Fungsi Turbocharger? Pengertian turbocharger.


Lantas apa:
1. Fungsi dari Turbocharger: Turbocharger berfungsi untuk menyupply udara bertekanan sebanyak-banyaknya atau dalam kata lain secara paksa ke ruang bakar. Dengan disupplynya udara ke ruang bakar semakin banyak, maka kompresi yang di hasilkan akan semakin tinggi, dan daya yang di hasilkan bisa lebih besar. Pada umumnya turbocharge diaplikasikan pada mesin diesel, karena siklus pembakaran pada mesin diesel tidak membutuhkan percikan api seperti pada mesin otto. Pada proses kerja mesin diesel, terjadinya 'ledakan' pada ruang bakar dikarenakan temperature udara yang tinggi dan sesuai untuk membakar bahan bakar yang disemprotkan ke ruang bakar. Disitulah fungsi dari turbocharge, memaksa masuknya udara sebanyak-banyaknya ke ruang bakar sehingga pada saat siklus kompresi, dihasilkan temperature udara yang tinggi dan sesuai pada ruang bakar.

2. Bagaimana cara kerja turbocharger:
Apa Itu Turbocharger? Fungsi Turbocharger? Pengertian turbocharger.

Mau tahu cara kerja harus tahu komponen nya dulu dan fungsi dari setiap komponen. Secara garis besar komponen dari turbocharger yaitu 2 volute chamber (rumah keong), turbin, shaft, dan juga kompressor. Fungsi dari setiap komponen:
Fungsi Volute Chamber:
Apa Itu Turbocharger? Fungsi Turbocharger? Pengertian turbocharger.

Volute Chamber berfungsi sebagai casing dari komponen turbin maupun kompressor, adanya volute chamber aliran fluida dapat di arahkan sesuai bentuk dari volute chamber. Jika volute chamber di lengkapi difusor maka sebagian energi kinetik di rubah menjadi energi bertekanan. Di volute chamber ada outlet dan inlet sob. Kalau inlet doang bagaimana udara bisa keluar? :), kalau outlet doang, bagaimana udara bisa masuk?.. hehe :) Persis kaya rumah keong kan sob volute chamber nya!

Fungsi Turbin Radial:
Apa Itu Turbocharger? Fungsi Turbocharger? Pengertian turbocharger.
Turbin Radial berfungsi untuk mengkonversi energi kinetik yang bertekanan dengan nilai entalpi tertentu untuk di konversi menjadi energi mekanik dengan tingkat efisiensi tertentu. Fluida dengan energi tertentu akan menabrak sudu-sudu dari turbin, peristiwa inilah yang menyebabkan perubahan energi sehingga turbin dapat berputar. Bedakan ya sob turbin radial dan turbin axial. Kenapa di namakan turbin radial?, karena proses terjadinya konversi energi, fluida masuk dari arah radial dan keluar dari arah axial. Kalau Turbin axial?, proses terjadinya konversi energi, fluida masuk dari arah axial dan keluar dari arah radial.

Fungsi Shaft, Shaft berfungsi untuk meneruskan momen puntir dari turbin ke kompressor sehingga kompressor dapat berputar saat turbin beroperasi.

Fungsi Kompressor Radial:
Apa Itu Turbocharger? Fungsi Turbocharger? Pengertian turbocharger.
Kompressor Radial berfungsi sebagai pengkonversi energi mekanik ke energi kinetik pada fluida dengan tekanan yang di tentukan. Tahu gak sob kenapa dinamakan kompressor radial?, karena arah masuknya axial dan arah keluarnya radial. Kompressor dan Turbin merupakan saudara kembar yang beda fungsi. Jadi ketika energi mekanik di berikan yaitu berupa putaran sehingga kompressor berputar maka dalam volute chamber terjadi penurunan tekanan atau mendekati kevacuman, vacumnya volute chamber menyebabkan udara dari luar yang bertekanan 1 atm masuk ke volute chamber dan dialirkan ke arah radial keluar dari volute chamber.

TAHU KAN SEKARANG FUNGSI SETIAP KOMPONEN? ;)
Sekarang kita bahas fungsi dari gabungan komponen yaitu TURBOCHARGER nya... hehe :)
Bagaimana turbocharger berfungsi?
Nih aku sertain gambarnya dulu:
Apa Itu Turbocharger? Fungsi Turbocharger? Pengertian turbocharger.
 
Nah itu sob turbocharger. Ada 2 volute chamber, yang satu sebelah kanan berisi turbin, dan satunya lagi volute chamber sebelah kiri berisi kompresor. Kedua volute chamber itu di pasang sejajar kanan dan kiri, dan diantara turbine section and compressor section di couple langsung dengan shaft sob. Jadi:
1. Ketika mesin menyala, udara panas bertekanan keluar dari outlet valve ke exhaust.
2. Dari outlet exhaust (atau knalpot), di pasangkan ke inlet volute chamber yang berisi turbin.
3. Karena fluida yang di hasilkan bertekanan dengan energi kinetik tertentu dan entalpi yang masih terjaga karena langsung masuk ke volute chamber. Hal ini menyebabkan expansi pada turbin, sehingga turbin dapat berputar sesuai dengan kapasitas dan entalpi fluida yang masuk. Semakin banyak fluida yang masuk maka putaran semakin kencang. Itu kenapa ketika RPM tinggi suaranya 'ngiiinnnnng' itu karena kapasitas aliran yang di hasilkan pembakaran sangat banyak untuk masuk ke volute chamber hingga menyebabkan turbin berputar sangat kencang.
4. Gas buang dari exhaust yang masuk ke volute turbine dan memutar turbine. Karena turbin dan kompresor dalam satu shaft maka perputaran turbin akan mengakibatkan kompresor ikut berputar pada putaran yang sama.
5. Perputaran kompresor menghasilkan udara yang bertekanan, inlet udaranya dari arah axial dan outletnya arah radial. Udara yang di hasilkan ini digunakan untuk kebutuhan proses pembakaran, jadi dimasukan ke ruang bakar tapi melewati katup dulu. Ketika pedal gas di injak maka katup akan membuka dan udara dapat masuk, dan ketika pedal gas di lepas maka katup tertutup, tertutupnya katup ini sob yang menyebabkan bungi 'cessss' karena kompressor masih berputar sangat tinggi tiba-tiba katup intake tertutup sehingga udara dibuang lagi keluar.

KENAPA HARUS DI TAMBAH INTERCOOLER?
Apa Itu Turbocharger? Fungsi Turbocharger? Pengertian turbocharger.
Dalam beberapa kasus di butuhkan Intercooler sob.
Apasih fungsi intercooler?
Intercooler berfungsi untuk mendinginkan udara yang di hasilkan dari kompresor.
Kenapa kok bisa udaranya panas?
Temperature gas buang motor bakar yang tinggi dan dikompresi oleh kompresor maka udara yang keluar dari kompresor temperaturnya bisa terbilang cukup tinggi. Semakin tinggi tekanan yang dihasilkan maka akan semakin tinggi temperaturnya, dalam volume yang sama.
Bagaimana kerja Intercooler?
Intercooler merupakan sebuah ruang logam yang di bagian kanan dan kirinya terdapat lubang sebagai lewatnya udara dan di depannya di pasang kipas. Kipas berfungsi untuk mendinginkan ruang tersebut, jadi ruang intercooler ini lebih dingin di bandingkan dengan udara yang di hasilkan dari turbocharger. Hal ini menyebabkan terjadinya perpindahan panas, panas dari udara bertekanan berpindah ke ruang intercooler karena perbedaan temperature.
Kenapa harus ada Intercooler?
Dibutuhkannya Intercooler biasanya terjadi kendaraan yang ber kapasitas besar seperti truck, bus dan alat berat lainnya. Bayangkan sob jika sekelas truck volvo fh16 ber kapasitas 16.000 cc tanpa di lengkapi intercooler, udah udara yang di kasih oleh kompressor panas, di kompressi lagi di ruang bakar bakalan panas banget. Nha panasnya ini yang menyebabkan kenapa harus ada intercooler, agar udara yang masuk ke ruang bakar tidak terlampau tinggi temperaturenya.

Jika tidak ada Intercooler?
Pernah tahu sob kasus mobil atau sepeda motor yang mati karena air radiatornya kurang sesuai standar?, itu karena overheating, sehingga sensornya memberikan perintah pada saklar untuk menghentikan aliran listrik yang menyebabkan terjadinya proses pembakaran. Coba bayangkan jika truck dengan kapasitas 16.000 cc, memiliki turbocharger yang menghasilkan tekanan tinggi, namun tidak dilengkapi dengan Intercooler, pasti tuh truck cepet banget overheating, sekali tancap gas mesin mati, tunggu bentar, hidupkan, tancap gas lagi beberapa saat mesin mati. haha, derek aja kali ya...? :D

Udah sob pasti banyak kurangnya dan ada salahnya. Silahkan di benarkan kalau ada salahnya.




8 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo menurut saya fungsi intercooler bukan untuk mendinginkan udara yang masuk.

tapi agar udara yang masuk bisa lebih padat.

pada volume udara tertentu, ketika suhu tinggi maka udara memuai, dan oksigen yang masuk juga tidak begitu padat.

sedangkan pada volume udara yang sama, ketika keadaan dingin, udara menjadi lebih padat, otomatis jumlah oksigennya menjadi lebih banyak.

Unknown mengatakan...

Yup bener banget gan mau nambahin juga ni sebenarnya penggunaan turbocharge bukan hanya sebagai penambah udara agar pengkompresian lebih padat tetapi juga menambah oksigen ke ruang bakar agar pembakaran lebih efisien.
Karena semakin banyak udara yang masuk ke dalam ruang bakar otomatis oksigen yang kedorong oleh turbocharge akan lebih banyak dan akan berpengaruh pada efisiensi pembakaran.

hahaha mengatakan...

Salam semua sahabat-sahabat poker mania dan domino mania. www,pokers128,net hadir untuk kepuasan anda dalam bermian poker online dan domino online.
s1288poker tersedia 6 game permianan dalam 1 id yaitu: Poker Live,Bandar Poker, Dominoqq, Ceme, Ceme keliling, Capsa Susun dan juga menghadirkan bank-bank yang sudah tidak asing lagi yaitu BCA,BNI,BRI,MANDIRI,DANAMON. s1288poker sedia menemani anda 24 jam online dan juga di Papadomino permainan fair, player vs player dan tanpa robot.
s1288poker juga menyediakan bonus-bonus menarik seperti bonus TO mingguan dan bonus Referal. (PIN BBM : 7AC8D76B)

Unknown mengatakan...

Terimakasih. Sangat bermanfaat

Togu Triadi Blog mengatakan...

Mantap

Unknown mengatakan...

Sangat mudah dimengerti penjelasannya. Terimakasih

Arthur Teknik mengatakan...

Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Penyewaan AC untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

Salam Blogger min.

kurnia dedi mengatakan...

Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor Tutorial mengenai Turbocharger, Supercharger & Intercooler

Posting Komentar

Tinggalkan komentar yang bersifat membangun.

Apa Itu Turbocharger? Fungsi Turbocharger? Pengertian turbocharger.