Download XAMPP dan Cara Menggunakan XAMPP

Assalamualaikum, admin kali ini akan berbagi link download XAMPP dan cara menggunakannya.
Sebelumnya ada yang udah mengenal XAMPP?, admin akan jelaskan sedikit tentang XAMPP.

Download XAMPP dan Cara Menggunakan XAMPP

Definisi XAMPP: XAMPP ini temen-temen merupakan software yang terdiri dari beberapa aplikasi. Nah loh tambah bingung?, oke jadi XAMPP ini bagaikan control panel yang didalamnya dalam mengontrol berjalannya beberapa aplikasi. Yaitu Apache, MySQL, FileZilla, Mercury, dan Tomcat. Pada setiap aplikasi memiliki kegunaan yang berbeda namun memiliki keterkaitan fungsi.

Jadi pada dasarnya, XAMPP ini merupakan software yang terdiri dari beberapa aplikasi yang berfungsi untuk keperluan server online, ex: web server, mail server, dll. XAMPP ini software gratis temen-temen jadi bisa langsung di download lewat link yang diatas.

Nama XAMPP sendiri merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Bicara fungsi berarti bicara setiap komponen aplikasi, admin akan jelaskan tentang setiap komponen aplikasinya.

1. Apache: Apache ini merupakan sebagai server web yang memproses file web ex: index.php untuk di tampilkan pada sang pengakses. Letak root document dari Apache ini: X:\xampp\htdocs\ (Bisa di rubah tergantung keperluan), jadi ketika Apache aktif, maka otomatis akan membaca letak root document web, dan pertamakali di baca adalah file index.php. Jadi semisal kalian mengakses web semisal belajar.com dengan IP>10.123.34.12 maka sebenarnya alamatnya itu adalah X:\xampp\htdocs\ dari sang komputer server. Namun berkat adanya port forwarding semua itu bisa berjalan.

2. MySQL: MySQL ini merupakan perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS (Database Managemen System) yang multithread, multi-user. Aplikasi ini bagaikan SQL Server Management, namun MySQL lebih berfungsi ke web. Semisal web yang sering kita kunjungi yaitu facebook.com, di facebook pasti ada MySQL, kenapa?, karena membutuhkan sebuah tabel penyimpanan untuk menyimpan Id, komentar, like, dan fungsi lainnya yang nantinya akan di simpan di tabel database MySQL. Namanya juga DATABASE, atau BASE DATA, atau data dasar. Nggk lucu jika facebook tidak ada databasenya, selesai bikin ID trus logout nggk bisa login lagi karena database tidak ada.

3. phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin membuat basis data (database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat basis data. Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan karena seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu. Itu dipermudah dengan adanya phpMyAdmin.

4. FileZilla: FileZilla adalah program aplikasi jaringan yang berguna untuk transfer file via protokol FTP di jaringan komputer atau internet. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kecepatan dan kemudahannya dalam melakukan transfer file. Jendela aplikasi terbagi menjadi dua, satu untuk menampilkan file dan folder di komputer lokal, dan satu lagi untuk menampilkan file dan folder di komputer server. Anda cukup melakukan drag dan drop untuk mentransfer file dari komputer ke server jaringan/internet, atau sebaliknya. Melalui fitur Site Manager, Anda bisa menyimpan akun dan alamat beragam server FTP, dan menggunakannya secara cepat dan mudah. FileZilla juga memungkinkan Anda melakukan koneksi ulang ke server yang terakhir Anda akses.

5. Mercury: Aplikasi ini digunakan sebagai mailserver layaknya @yahoo.com, @gmail.com, anda bisa bikin @ybf.com

6. Tomcat: Tomcat berfungsi untuk menjalankan servlet saat ada request dari client.

Cara menggunakan XAMPP:

1. Ekstrak XAMPP atau Install.
2. Setelah selesai, buka folder xampp trus buka aplikasi xampp-control.exe. Nih:

Download XAMPP dan Cara Menggunakan XAMPP

ket: ketika kalian pertamakali buka maka icon sebelah nama aplikasi masih bertanda X, dan tinggal klik satu persatu untuk menginstal setiap aplikasi agar bisa di jalankan. Jika icon X (merah) sudah berganti jadi icon centang (hijau), itu pertanda aplikasi siap untuk kita gunakan.
3. Sekarang coba sobat buat file format .php di notepad. Tinggal copy-paste ke notepad 
<font color="FF0000">
Assalamualaikum, yukberfikir.blogspot.com
</font>
Trus save dengan format Index.php, simpan di X:\xampp\htdocs\(Bikin Folder Baru, misal: Percobaan1).
4. Maka langkah selanjutnya, klik start Apache pada control panel XAMPP.
5. Setelah berhasil start, buka browser, ketikan http://127.0.0.1/Percobaan1/
Maka akan muncul seperti ini:

Tuh sudah dapat diakses komputer mu, tapi masih lokal acces. Jika mau public acces harus ada koneksi internet yang dapat di port forwarding.
Sekian semoga bermanfaat.

Assalammualaikum Wr. Wb.

Artikel terkait:
13. XAMPP






1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

hahaha mengatakan...

Salam semua sahabat-sahabat poker mania dan domino mania. www,pokers128,net hadir untuk kepuasan anda dalam bermian poker online dan domino online.
s1288poker tersedia 6 game permianan dalam 1 id yaitu: Poker Live,Bandar Poker, Dominoqq, Ceme, Ceme keliling, Capsa Susun dan juga menghadirkan bank-bank yang sudah tidak asing lagi yaitu BCA,BNI,BRI,MANDIRI,DANAMON. s1288poker sedia menemani anda 24 jam online dan juga di Papadomino permainan fair, player vs player dan tanpa robot.
s1288poker juga menyediakan bonus-bonus menarik seperti bonus TO mingguan dan bonus Referal. (PIN BBM : 7AC8D76B)

Posting Komentar

Tinggalkan komentar yang bersifat membangun.

Download XAMPP dan Cara Menggunakan XAMPP